Saturday, August 5, 2017

Hidup, Mati, Jodoh dan Rejeki..

Assalamu'alaikum..

Pepatah bilang, hidup, mati, jodoh dan rejeki itu ditangan Allah. 
Rasanya ini jadi salah satu pengingat saat kita, manusia berada di titik terendah hidupnya. 

Mati, sebuah hal yang sebenarnya menjadi akhir setiap manusia di dunia ini. Pertanyaannya adalah.. akan seperti apa keadaan kita saat mati nanti? 

Saya tidak pernah berani memikirkan tentang kematian. Takut :(
Tapi hari ini, pagi tadi, indonesia dibuat bersedih dengan berpulangnya dokter ganteng berprestasi Indonesia, dr. Ryan Thamrin. Seorang dokter yang dulunya kita tau beliau adalah seseorang yang sehat, kuat, tapi mengangetkan karena ternyata beberapa waktu terakhir hidupnya beliau sakit, yang menurut info yang saya baca di media online adalah sakit kanker otak. 

Rasa rasanya setahun belakangan ini saya dekat sekali dengan penyakit itu. Banyak orang yang saya kenal meninggal karena penyakit mematikan itu. 

Baru saja kemarin malam saya mendapatkan pesan whatssap dari teman semasa kuliah saya dulu.

"Li, gw kemarin abis operasi lagi.. ada 10 kelenjar di Payudara gw, 4 di kanan dan 6 di kiri

Allahuakbar! saya langsung merinding :( 

Teman saya itu sudah pernah operasi pengambilan Fams tahun 2015 lalu. Kemudian kemarin, selang 2 tahun, dia di operasi lagi untuk pengambilan jaringan yang ternyata tumbuh sangat banyak menyebar di payudaranya :( 

Saya sendiri sudah melakukan operasi pengambilan Fams tanggal 17 Mei 2017 kemarin. Dan berdoa kenceng semoga gak akan pernah ketemu dengan penyakit itu lagi :( 

For your information, Fams itu adalah tumor jinak payudara.

Setengah tahun lalu saat saya mengetahui bahwa ada benjolan di payudara saya, dunia rasanya runtuh. Berbagai macam dugaan muncul. Ketakutan bahwa itu adalah kanker sangat tinggi. Nauzubillah ya Allah.. semoga saya dan teman teman semua dijauhkan dari penyakit menyeramkan itu :( 

Saat itu, saya langsung ingat tentang mati. Bagaimana kalau Allah menakdirkan saya mati karena penyakit ini? 

Alhamdulillah Allah masih memberi saya kesempatan hidup, kesempatan memperbaiki diri, kesempatan memberikan yang terbaik untuk orang orang tercinta saya.

Dear Allah, tolong beri saya kesehatan, agar saya bisa membahagiakan orang orang yang saya sayangi. Mamah, Bapak, Suami, anak, dan adik adik saya...


xo-xo
post signature

Thursday, July 6, 2017

Sepatu Roda Sebagai Hadiah Kenaikan Kelas

Sejak seminggu terakhir, timeline facebook saya dibanjiri oleh status teman teman yang sebagian besar sudah emak emak, tentang hasil raport anak anaknya di sekolah. Menjelang lebaran tahun ini, selain disibukkan dengan persiapan lebaran, kami para emak juga disibukkan oleh acara kenaikan kelas anak anak. Apalagi untuk yang akan baru masuk jenjang sekolah berikutnya seperti TK ke SD, SD ke SMP atau selanjutnya, proses pencarian sekolah baru dan biaya masuk juga jadi hal penting selain biaya beli baju lebaran. heheh 
Navaro sendiri akan naik ke kelas 3 lho. Karena sekolah di sekolah swasta, tetap ada biaya daftar ulang saat kenaikan kelas meski tidak sebesar untuk masuk ke kelas 1. Emaknya repot bagi bagi uang THR.
Sabtu kemarin, saya dan para orang tua lain datang ke sekolah untuk menerima laporan tahunan anak anak. Dari rumah sudah yakin sih Navaro pasti naik kelas. Tapi tidak pernah terpikir kalau navaro dapat juara. Saya sendiri tidak terlalu menentukan target supaya dia juara kelas. Tapi saat sampai di sekolah, saya diinfo kalau Navaro dapat Juara Kesopanan. Kaget, karena sebelumnya dia tidak pernah dapat predikat apa apa. 
Di sekolah Navaro, selain juara kelas (peringkat 1-3) ada juga penghargaan lain seperti Juara kesopanan, keaktifan, dan kerajinan. Dan di kelas 2 ini, Navaro mendapatkan predikat paling sopan di kelasnya. Waaahh terharu :) 

hadiah dari bu guru

Navaro diberi alat tulis sebagai hadiah dari bu guru. Dia senang banget. Alhamdulillah nilainya juga memuaskan.. Nilai tertinggi di pelajaran Quran Hadist dan nilai terendah di pelajaran IPS. hihi 
Selamat ya Nak :)

Hadiah Sepatu Roda

Sesampainya di rumah, Navaro langsung laporan ke papinya tentang prestasinya. Dan sudah bisa ditebak, dia minta hadiah. heheh 

Papinya tanya mau hadiah apa? dia bingung milih antara sepatu roda atau tablet, karena tablet dia yang kemarin rusak dan sekarang hanya mengandalkan HP maminya untuk main game :D 

Untuk meyakinkan, saya ajak dia untuk pilih pilih sendiri sepatu roda yang dia mau. Ceknya gak perlu pergi ke Mall, di Mall sekarang lagi penuh sesak menjelang lebaran. Saya mengajaknya untuk cek harga sepatu roda di MatahariMall saja, cukup dari depan laptop. Saat buka webnya, ternyata sedang banyak diskon dan gratis ongkos kirim juga untuk pengiriman via GoSend. Wah seru nih :) 

Saya meminta dia untuk memilih sendiri mana sepatu roda yang dia mau. Dan dia memilih 2 sepatu ini. 


Modelnya simpel menurut saya. Warna merah dan biru itu warna terang, saya selalu berpendapat bahwa warna terang bisa menceriakan. Kebetulan 2 warna ini juga warna favoritnya Navaro. Tidak heran kalau dia memilih 2 warna ini. 

Dari 2 sepatu roda itu saya meminta Navaro untuk memilih salah satunya. Kalau sebelumnya saya selalu memilihkan segala sesuatu untuk Navaro, setahun terakhir ini saya membiasakan Navaro untuk memilih sendiri apa yang dia mau dan perlukan. Tugas saya hanya mengarahkan. Tujuannya adalah supaya dia bisa tau betul apa yang diinginkannya, dan tidak melulu mengikuti keputusan orang lain. 

Saya dan Papinya Navaro memang tidak pernah memberikan target juara pada Navaro. Tapi saat dia mendapatkan predikat khusus seperti ini, benar benar membuat saya dan papinya senang. Kesopanan adalah dasar prilaku yang wajib dimiliki setiap orang. Dan Navaro menjadi Ikon Sopan di kelas, menjadi prestasi luar biasa. 

Semangat terus, ya nak :)

xo-xo

Sunday, June 4, 2017

Berwisata Sejarah di Kota Daeng

Sejak tahun 1971 hingga 1999, Makassar secara resmi dikenal dengan nama Ujung Pandang. Kota pesisir ini merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan dan merupakan kota metropolitan terbesar di wilayah Indonesia Timur. Sebagai kota yang juga pernah menjadi ibu kota Negara Indonesia Timur, Makassar tentunya menyimpan banyak sekali sejarah yang terpendam.

Jika kebetulan sedang berlibur ke Makassar, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah seperti di bawah ini.

Kompleks Makam Raja-Raja Tallo

Kerajaan Tallo dulunya merupakan kembaran dari Kerajaan Gowa. Makam ini berlokasi di muara sungai Tallo, Jalan Sultan Abdullah Rayya, Kota Makassar. Sisa-sisa kemegahan dan kejayaan dari Kerajaan Tallo bisa kita saksikan di makam raja-raja ini. Daya tarik tempat wisata sejarah ini terdapat pada bentuk makam yang unik dan khas. Selain para Raja Tallo, di makam ini juga dikuburkan keluarga dan kerabat-kerabat kerajaan.

(sumber : isnuansa.com)

Suasana makam begitu hijau dan asri, jauh dari kesan keramaian kota. Peziarah yang berkunjung ke makam dapat berhenti sejenak menaruh barang di area danau kecil yang ada di dalam kompleks makam.

Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam atau yang biasa disebut dengan Fort Rotterdam merupakan salah satu bangunan bersejarah yang menjadi penanda perjuangan melawan penjajah Belanda. Benteng ini dibangun oleh Raja Gowa ke-9, I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa’risi’kallona pada tahun 1545.

(sumber : Indonesia-tourism.com)

Sebelum jatuh ke tangan Belanda, benteng ini bernama Benteng Ujung Pandang. Sementara masyarakat Makassar pada umumnya menyebut benteng ini sebagai Benteng Panyyua (Penyu) karena bangunannya mirip seperti seekor penyu yang akan masuk ke pantai.

Di dalam benteng terdapat taman hijau yang bisa dinikmati oleh wisatawan begitu masuk ke Benteng Rotterdam. Selain taman, ada pula Museum La Galibo yang berada di dalam kompleks benteng.

Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu juga merupakan bangunan peninggalan Kerajaan Gowa. Benteng ini sama-sama dibangun oleh Raja Gowa ke-9. Konon, benteng ini dibuat dari tanah liat dan putih telur sebagai pengganti semen. Benteng ini sendiri memiliki luas sekitar 1.500 hektar dengan panjang 2 meter dan tinggi sekitar 8 meter. Benteng-benteng yang ada di Makassar ini dulunya berfungsi untuk melindungi kota perdagangan dari serbuan musuh.

(sumber: backpackerjakarta.com)

Benteng Somba Opu juga menjadi sejarah bagaimana Sultan Hasanudin berjuang membela dan mempertahankan tanah airnya dari para penjajah.

Monumen Korban 40.000 Jiwa

Sejarah kelam juga pernah menyelimuti kota Makassar. Hal ini diabadikan dengan dibangunnya Monumen Korban 40.000 Jiwa sebagai bentuk penghormatan para korban yang tewas dibantai dengan kejam oleh Kapten Raymond Paul Piere Westerling dalam operasi pemberantasan pemberontak oleh Belanda. Monumen ini berupa bangunan pendopo dengan relief pada dinding yang menceritakan bagaimana peristiwa tragis itu terjadi.

(sumber : panduanwisata.id)

Di monumen tersebut, terdapat satu patung seorang laki-laki yang digambarkan selamat dari pembantaian, dengan kondisi badan yang hanya tersisa satu tangan dan satu kaki saja. Jika ingin berkunjung ke tempat ini, datanglah pada setiap tanggal 11 Desember. Tanggal tersebut selalu diperingati oleh pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sebagai hari peringatan tragedi 40.000 jiwa.

Ternyata, berwisata sambil belajar sejarah juga bisa seru dan menyenangkan, bukan? Setelah melakukan wisata sejarah, kini saatnya untuk mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya yang ada di Makassar. Segera pesan hotel di Makassar lewat website Airy Rooms. Selain website, hotel Airy Rooms juga bisa dipesan lewat aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.


Mengapa harus hotel dari jaringan Airy Rooms? Selain karena harganya terjangkau, Airy Rooms merupakan jaringan hotel terbesar di Indonesia dan sudah memiliki jaminan fasilitas yang berkualitas. Pilihan pembayarannya juga mudah, yaitu transfer atau menggunakan kartu kredit, juga semakin memanjakan para tamu yang akan menginap.






post signature

Wednesday, May 24, 2017

Rencanakan Liburan Sendiri Dengan Mudah, Murah dan Nggak Ribet

sumber foto:ipodcast.org.uk

Liburan selalu menjadi momen yang paling ditunggu setelah penat dengan berbagai aktivitas yang menguras tenaga. Tapi kalau tidak direncanakan dengan baik, bukan liburan menyenangkan yang kamu dapatkan, tapi kenangan buruk dan bukan tidak mungkin akan timbul masalah di kemudian hari.


Agar liburan tetap jadi momen yang menyenangkan, coba lakukan beberapa tips berikut ini. Dijamin mudah, murah dan nggak pake ribet, serta tentu saja akan membawa pengalaman indah dari liburan yang sudah kamu tunggu-tunggu.

Berapa Lama

Lihat waktu yang tersedia untuk liburan kali ini, apakah akan jadi liburan super singkat di akhir pekan. Atau bisa menghabiskan waktu lebih dari tiga hari atau bahkan beberapa minggu untuk liburan?

Dari jumlah hari ini kamu bisa menentukan untuk liburan ke tempat dekat atau jauh. Semakin lama rentang waktu yang kamu miliki, semakin leluasa pula kamu bisa mengatur liburan nanti.

Tujuan

sumber:bdyoung.com

Setelah menentukan hari, sekarang waktunya menentukan tujuan. Ada beberapa kota yang bisa dinikmati untuk liburan pendek di akhir pekan seperti Bali, Yogyakarta, Malang, Belitung, Bandung, Surabaya atau Semarang. Kalau waktumu panjang, coba pertimbangkan untuk liburan ke negara tetangga atau ke benua yang lebih jauh lagi. Sesuaikan saja dengan budget liburanmu, dan tema liburan yang ingin kamu lakukan kali ini. Buat kamu yang masih di wilayah Jabodetabek, boleh coba ke Pulau Umang!

Itinerary

Dari tujuan, kamu bisa berlanjut ke penentuan itinerary. Coba cek tujuan mana saja yang bisa kamu datangi di kota liburan dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengunjungi tempat tersebut. Itinerary akan sangat membantu untuk mengatur waktu, terutama buat kamu yang rentang liburannya sangat terbatas.

Meski demikian, tak perlu terlalu terpaku pada itinerary di tangan. Ketika ada hal lain yang lebih menarik, spontan saja mengubah jadwal dan itu akan membuat liburan kamu jadi lebih berwarna loh.

Budget

sumber:freeimages.com

Menentukan budget adalah hal yang paling membuat sesi perencanaan liburan jadi memusingkan. Ada yang rela menabung selama bertahun-tahun demi liburan ke tempat yang diinginkan. Dan nggak sedikit yang liburannya jadi berantakan karena urusan budget yang melebihi batas.

Biasanya, biaya over-budget terjadi di sisi tiket pesawat dan hotel tempat menginap. Bisa jadi tiket pesawatnya dapat yang mahal karena beli mendadak, atau hotel dapat yang paling mewah karena kehabisan kamar yang murah.

Untuk meminimalisir kelebihan budget karena tiket pesawat dan hotel, kamu hanya perlu satu klik saja di paket wisata murah di Traveloka. Dengan satu kali transaksi, kamu bisa menghemat sampai lebih dari 40 persen. Hemat banget kan?

Harga paket wisata di Traveloka juga sudah termasuk pajak, asuransi dan biaya lainnya. Jadi harga paket wisata yang tertera di layar kamu adalah harga netto dari yang harus dibayar. Nggak perlu khawatir ada biaya tak terduga lagi.

Detail Lengkap

sumber:blog.traveloka.com

Membeli paket wisata di Traveloka adalah pilihan pintar untuk mengatur liburan dengan mudah. Selain harganya jadi lebih murah, kamu juga akan mendapatkan detail lengkap mulai dari pesawat sampai hotel tempat menginap.

Bagaimana penampilan hotel yang bakal kamu tempati, seperti apa kamar dan fasilitasnya. Semua ada di detail sebelum kamu membeli. Dan paket wisata memakai maskapai mana dan hotel apa bisa kamu tentukan sendiri sesuai budget.

Liburan nyaman, paket wisata Traveloka adalah jawabannya. Berangkat senang, pulang hati riang.

xo-xo
post signature

Friday, March 31, 2017

Alfamart Gelar Pelatihan Manajemen Ritel, Berdayakan Pedagang Kecil

SERANG – Puluhan pelaku UMKM dan member mengikuti pelatihan manajemen ritel modern yang digelar PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (selaku pengelola Alfamart dan Alfamidi) di ruang training DC Serang, Kamis (31/3).

Membuka kegiatan tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Serang, mengimbau para pedagang warung tradisional agar memiliki keinginan kuat untuk menjadikan usahanya terus berkembang.

alfamidi minimarket
Branch Manager Alfamart Serang Ikhwan Ngabdi Rahardjo dan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM saat membuka kegiatan Pelatihan Manajemen Ritel bagi UMKM di Kota Serang.

“Pemerintah mendukung aksi perusahaan swasta dalam mengakomodasi pedagang tradisional untuk lebih berkembang. Namun yang terpenting adalah kesadaran dan keinginan pelaku usaha,” katanya.

Dia menyampaikan, sinergi yang baik ini diharapkan dapat memberi dampak positif bagi berbagai pihak. “Baik pedagang tradisional maupun toko modern, keduanya bisa sama-sama berkembang dan berkontribusi positif pada perekonomian bangsa,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Branch Manager Alfamart Serang Ikwan Ngabdi Rahardjo menyampaikan, pelatihan yang melibatkan para pelaku UMKM ini digelar secara rutin setiap tahun dan di setiap wilayah yang memiliki jaringan toko Alfamart.

“Tujuannya, mengajak para UMKM khususnya yang juga memiliki bisnis ritel untuk memahami manajemen ritel modern. Ritel tradisional dan ritel modern sudah saatnya tumbuh berdampingan. Keduanya harus bersinergi,” katanya.

Bentuk sinergi yang dilakukan Alfamart dengan peritel tradisional yakni melalui program Outlet Binaan Alfamart (OBA). Program tersebut dijalankan dalam dua bentuk. Pertama, memberi pelatihan manajemen ritel. Kedua, menyediakan layanan pesan antar barang dagangan dengan harga khusus bagi member pedagang OBA. Selain itu, juga ada bedah warung yang dijalankan bagi member terpilih.

Hal ini sejalan dengan visi perusahaan, yakni menjadi jaringan distribusi ritel yang berorientasi pada pemberdayaan pedagang kecil. “Pedagang ritel tradisional perlu dibekali dengan ilmu manajemen ritel modern agar memiliki daya saing,” imbuhnya.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan manajemen ritel modern ini antara lain, tentang manajemen penataan barang, pengaturan persediaan barang, manajemen keuangan (cash flow), serta tips mengamati tren pasar terkait produk yang sedang diminati.

xo-xo