Friday, January 16, 2015

[Review Drama Korea] Why Do I Love Pinocchio So Much?

Where’s a better place to fight the age-old battle of truth and lies than in a newsroom? Pinocchio isn't just a character story, where one person who can’t lie and another whose all existence has become a lie fight to find the truth. It brings the debate to the newsroom, where truth and facts and lies and fiction find their outlet and audience 
-joonni- 
. . .  

Sepertinya baru saja kemarin saya excited setelah membaca berita Lee Jong Suk dan Park Shin Hye akan bermain dalam satu drama bersama. Dan rasanya baru kemarin juga saya bete karena merasa jarak September ke Nopember itu terlalu lama. Tapi yang membuat saya lebih tidak percaya lagi, adalah karena tiba tiba saya sadar bahwa drama yang 4 bulan lalu saya tunggu tunggu itu, ternyata sudah selesai alias TAMAT. Semalam. *apakah ini takdir?*

Banyak hal yang membuat saya jatuh cinta dengan drama ini. Aktor, jalan cerita, dan bahkan visualisasi nya pun membuat saya jatuh cinta. Perbedaan pencahayaan dan efek pada setiap adegan membuat dampak emosional yang berbeda. Saya hampir tidak bisa menebak apa yang akan terjadi di episode selanjutnya. Jalan cerita yang terjadi berbeda dengan yang biasanya terjadi dalam drama Korea kebanyakan. Jadi saya selalu dibuat berdecak kagum dan berkata "WOW" disetiap episode nya.
. . .
12 September 2014

Pagi itu saya excited sekali mendengar dua orang dibagian atas ini akan berakting bersama dalam satu drama. "They are the actors that i cherish the most* dan saya tidak sabar ingin melihat chemistry mereka saat disatukan dalam drama. Karena selama ini, saya hanya melihat mereka bersama dalam sebuah iklan, dan saya pikir, "that was awesome!" 


12 September 2014, saat berita tentang pinocchio dirilis

Setelah itu, hari demi hari rasanya lama sekali. Saya deg degan sama persis dengan dulu ketika saya menunggu hari pertama ketemu jodoh saya :D

Menghitung hari
. . .

Dalam dunia yang penuh dengan kebohongan, kebenaran akan muncul.. satu per satu

Banyak hal menarik didrama ini, salah satunya, kalau kamu adalah salah satu penggemar lee jong suk, kamu bisa lihat "sisi jelek" lee jong suk disini. Benar benar jelek, dengan wig super aneh ini :D
*ah tapi tetep.. sejelek apapun dia, sayamah tetep cintaaa*



Story

Drama ini menceritakan tentang bagaimana sebuah rumor dan kebohongan bisa menghancurkan hidup seseorang. Choi In Ha (Park Shin Hye) adalah seorang yang mengidap sindrom Pinokio dimana setiap kali dia berbohong, dia akan cegukan. Pinocchio bisa membuat kita tersenyum, tertawa, dan bahkan sedih. Saya tidak tau banyak tentang dunia jurnalis dan drama ini, membantu saya untuk belajar dan mengetahui bagaimana dunia jurnalis sebenarnya. Jurnalisme tidak hanya tentang bagaimana mengungkapkan kebenaran, tapi juga tentang bagaimana proses dan hasilnya. bukan hanya tentang "disini, saya akan mengungkapnya sampai akhir", tapi juga tentang bagaimana anda membuat pilihan dan penilaian sepanjang proses tersebut.

Pinocchio bukan sebuah drama percintaan. Betul, ada cerita cinta didalamnya. Tapi tidak semata mata tentang hubungan cinta Dal Po dan In Ha. Drama ini lebih menggambarkan tentang bagaimana mereka masing masing bertumbuh, tentang kegagalan, keberhasilan, dan apa yang mereka pelajari dalam proses mencari kebenaran melalui dunia jurnalistik.

*Setiap episode akan berhasil memberikan pelajaran baru tentang bagaimana dunia jurnalistik sebenarnya*

Saya suka sekali dengan karakter Choi In Ha. Dia bukan gadis cengeng, tidak miskin, tidak juga jenius seperti kebanyakan karakter drama korea saat ini, Dia bukan gadis yang kesehariannya terus menerus dirundung kesedihan, juga tidak memiliki trauma karena perceraian kedua orang tuanya. Dia hanya gadis biasa yang kebetulan memiliki sindrom pinokio, tidak punya luka lama yang membekas seperti kebanyakan karakter dalam drama korea lainnya, dia gadis optimis, jujur, mudah tersentuh hatinya tapi tidak RAPUH. Saya senang karena Park Shin Hye mengambil peran ini, karena dengan ini dia bisa melepaskan image "candy/cinderella" yang ia ciptakan untuk dirinya sendiri beberapa tahun terakhir dengan mengambil jenis peran yang seperti itu terus menerus.



Pinocchio bukan drama dengan plot sederhana, tapi mudah diikuti dan tidak klise. Tidak ada cerita cinderella, gadis biasa yang tiba tiba bertemu dengan pria ganteng super kaya di pinggir jalan lalu jatuh cinta, dan kemudian hubungan mereka ditentang habis habisan oleh keluarga sang pria. oh no.. TIDAK ADA hal seperti itu disini.

Choi In Ha, tidak saja akan cegukan ketika dia berbohong, tetapi juga akan cegukan ketika dia melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan hatinya, atau melihat sesuatu dan merasa kalau hal itu adalah kesalahan. Penderitaan karena melihat Lee Jong Suk dengan wig anehnya akan berakhir di episode 4. dan siap siaplah melihat transformasi seorang Lee Jong Suk, kembali menjadi pria pintar, tampan, seksi, dan memenuhi kualitas menjadi seorang suami.


Hal lain yang menjadikan drama ini menarik adalah karakter baru yang jarang kita jumpai dalam drama korea lainnya. Seringkah melihat second lead, adalah seorang chaebol dengan sifat menyebalkan, songong, tidak berprikemanusiaan dan rasanya ingin melempar semangkuk mie ayam setiap kali melihat mukanya? Disini, kamu tidak akan menemukan karakter itu. Kim Young Kwang, Second lead yang sudah pasti akhir nasibnya bisa ditebak akan menderita karena cintanya bertepuk sebelah tangan, tidak punya karakter menyebalkan itu. Dia seorang chaebol yang lucu, tidak arogan, anak mami tapi tingkat kesabarannya perlu diacungi jempol karena rela menunggu tiga belas tahun untuk mulai mendekati gadis incarannya.

Chaebol yang gak nyebelin

*dia merasa bahagia hanya dengan melihat in ha tersenyum* it's so true and honest love

Karakter ayahnya choi in ha, yaitu Choi Dal Pyouung juga komik sekali. Kita akan beberapa kali disuguhi adegan lucu yang awalnya pasti tidak pernah terpikir. Seperti adegan ini, yang merupakan imajinasinya tentang in ha dan dal po.


Sindrom pinokio ini sungguh menguntungkan. Saat drama lain ada tarik ulur ketika ingin mengungkapkan perasaannya, choi in ha tidak bisa melakukan itu. Saat dia berbohong dengan mengatakan bahwa dia tidak menyukai Choi DalPo, dia cegukan. Dan cegukan itu baru bisa berhenti saat dia mengatakan yang sebenarnya. Tidak ada pilihan lain. In ha harus mengatakan perasaannya pada Dal Po. Sekali lagi.. hal tidak biasa terjadi didrama ini :) 

In ha bilang, "Aku Suka Kamu"

Kiss Scene

Drama korea tidak lengkap tanpa adanya kiss scene. Nah.. ada 5 kiss scene antara dal po dan in ha disini. let's check this out!!

*siap-siap*

1. Eps. 4 - The Toas Kiss

Tidak pernah terbayangkan bahwa almost kiss dapat seseksi ini. Tidak, mereka tidak berciuman. Ini hanya imajinasi choi dal pyeong, ayahnya in ha tentang Dal Po dan In Ha. Tapi, toast kiss ini adalah kiss yang paling tinggi rankingnya dalam pencarian online.

credit to sunrise



2. Eps 8 - The Wintry Kiss

Ini adalah kiss scene pertama mereka, saat mereka mengkonfirmasi perasaan masing masing. Awalnya In Ha mencoba menghindar dari ciuman itu dengan menutup bibirnya memakai tangan, tapi Dal Po tetap mencium (tangannya). Dan ini yang membuatnya terlihat seksi *sorry my byuntae*. Scene ini indah sekali dengan background salju dan pencahayaan yang hmm.. what could i say? membuat hangat mata melihatnya. romantis :)





3. Eps. 11 - the Break Up Kiss 

The saddest kiss, karena kali ini ciuman mereka adalah saat mereka memutuskan untuk berpisah.. Cara In Ha membantu Dal Po untuk membalas dendam pada ibunya adalah dengan berpisah darinya :(


4. Eps. 15 - The Reunion Kiss

Setelah putus di episode 11, akhirnya in ha dan dal po reunian lagi di episode 15. *horeeee* 



5. Eps 20 - The wedding Kiss

This is my favorite kiss scene in the drama. Rasanya tidak cukup kata kata untuk menggambarkan how beautiful their kiss. saya sampe gak bisa tidur dari semalam. *Meskipun ini ambigu.. gak bisa tidur karena kiss scene nya pinochhio atau karena Navaro nya sedang demam sejak jam 2 tadi malam :(*





Dari awal saya yakin bahwa drama ini akan memberikan kita akhir yang bahagia. Mereka yang pernah kehilangan kebahagiaan, pada akhirnya akan mendapatkannya kembali. 

Drama ini adalah sebuah drama edukasi, bukan sekedar drama yang menceritakan kehidupan biasa seorang manusia, tapi lebih tentang Media secara garis besarnya. Plot drama ini cukup kuat, dengan pesan moral yang jelas yang ingin disampaikan dari awal sampai akhir episode. 

. . .

Dear Park Shin Hye dan Lee Jong Suk, terimakasih sudah menemani keseharian saya di 3 bulan terakhir ini. Drama sudah berakhir, sekarang waktunya kembali ke dunia nyata, menunggu kabar terbaru dari kalian berdua ^^ 

*My 20 hours was worth, because the plot and cast make it a 5 star drama to watch :)*




47 comments:

  1. film drama korea romantis-romantis ya kayanya Lia

    ReplyDelete
  2. Dari reviewnya menarik mbak, hehehe
    coba ntar2 sy nonton satu episode dulu.

    ReplyDelete
  3. Aku udah nonton tapi baru stuck di episode 18. Hiks :(
    Salam kenal, Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo lanjut mbak. 2 eps lagi :)
      Salam kenal juga yaa

      Delete
  4. Ckckck....banyak banget kiss scenenya ya Lia nampaknya keduanya begitu menjiwai adegan ini yaa...xixixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. chemistry nya lebih oke lho mba dibanding dulu waktu di the heirs. hehe

      Delete
  5. Makkkk baca ripiumu bikin daku mupeng. Pengen nonton euy. Ceritanya cakep gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi ayo nonton mak. gak bakal nyesel :)

      Delete
  6. Akhirnya aku kelarrrr.. Hwaaaaa ga rela hrs nunggu entah smp kpn bt nntn drama jongsukie lagiiii.. Kerennnnn endingnya.. Cantikkkk bgt scene terakhirnya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang mpiee.. jongsuk gak akan lama pasti main drama lagi. tahun kemarin aja dia main 2 drama kan :)

      Delete
  7. aku udah tamaaat nonton nyaaa...duh, couldn't ask for better ending deh!

    Eps terakhir ada adegan haraboji gak setuju kalo Inha sama Dalpo pacaran karena dia masih menganggap Dalpo anaknya, tapi untunglah sang sutradara tidak me-lebay-kan kasus ini yah...cuma diloncat aja, kemudian lansung ke adegan setahun kemudian...

    Kebayang kalo ini adalah sinetron, kasus si kakek yang tidak merestui kayak begitu bisa jadi satu season lho...bhuahahaha...

    Puas lah sama ending nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren banget ya tehh endingnya. ini lah istimewanya pinocchio dan timnya. gak ada cerita yang di mak-jang - kan :D

      Delete
  8. wah kayanya film satu ini sangat menarik untuk di tonton ya mbak, sampai saat ini untuk film korea tentunya banyak diminati oleh anak remaja, soalnya dengan sajian kisah cinta yg romantisnya banyak sekai penggemar film korea ini, sebelumnya salam kenal ya mbak :)

    ReplyDelete
  9. aku suka nyesel nntn korea, krna ga sabaran pgn tau endingnya, hehehehe...ulasan yg bagus mak

    ReplyDelete
  10. tapi dari keseluruhan ceritanya yang bikin tambah manis itu diselipin ceritanya si yoon yu rae yang narsis banget karena dikiranya capt. hwang gyo dong naksir sama dia, itu lucu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah selesai belum nontonnya mba tary ?

      Delete
  11. waaaa, aku juga nonton ini. Aku sedih karena cepet banget tamatnya huhuhuu, ga sabar nunggu film Lee Jong Suk berikutnya XD

    The Journey

    ReplyDelete
    Replies
    1. yay! sama mbak. mari kita tunggu drama jongsuk selanjutnya ^^

      Delete
  12. Kim Young Kwang kebagian adegan madi di shower yah, seksehnya Jung Suk dr bibir, bukan ABS nya:D
    Ibu nya In Ha jg keren aktingnya.

    Betul bnget lia, endingnya bikin gk bisa tidur hihihi
    Jempol lah buat drama ini.
    (RITA)

    ReplyDelete
  13. OH GOD. Pas banget aku lagi jatuh cintaaaa sama Lee Jong Suk ini (aku baru tahu namanya siang tadi). Gara-gara nonton dramanya dia yang I Hear Your Voice <3 <3 Belum selesai pula, masih episode 8, tapi udah baca spoiler episode terakhirnya. Dan males nerusinnya =))
    Aaaa... ganteeeng Jong Suk Oppa iniii <3 <3
    Foto dia pas kecil juga jelek hahaha kayak yang pake wig itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aiiih ayo nonton pinocchio juga mbak una. gak bakal nyesel deh ~

      Delete
  14. Mak...kamu gaasukin kakaknyaa? *duduk di pojokan* nunggu Jae Myung kluar :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh terlalu terpesona sama inha dalpo jadi lupa deh sama jae myung :D

      Delete
  15. Diriku juga lagi nonton ini mba, terhambat gara-gara jaringan internet kacrut baru sampe episode ke 17.
    Jadi penasaran pengen nyelesain cepet2.
    Saya suka bibirnya Lee Jong Suk *ehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss mak. sama aku juga suka bibirnya. selamat nonton yaah ~

      Delete
  16. waaaa... jadi pengen nonton jugaaaa :D

    ReplyDelete
  17. baca review mbak jadi ketawa2 sendiri inget dulu geregetnya pas nonton. bapaknya in ha itu kelewat komik mukanya bisa aneh2 haha kakeknya juga lucu menurut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. choi dal pyung itu lucu abis ya mbak :)

      Delete
  18. Kalo kiss scenenya ada diepisode berapa aja kak? Reply please..

    ReplyDelete
  19. belummm nontoonn.. huuuuhhh syedihhh

    ReplyDelete
  20. Descendants of the Sun mbakkk hemmm jempolan dahhhhhh

    ReplyDelete
  21. Aduh... bikin kebelet nonton aja deh mbak... :'D

    ReplyDelete
  22. drama komedii barau ada gak sih semisal LFG?

    ReplyDelete
  23. wahh pengenn nontooonnn... hobby bangett nihh.. sampe mau nangis baca artikel ini.. pengen bangeet

    ReplyDelete
  24. Kenapa cewe suka banget sama film korea ya?

    ReplyDelete
  25. Gilaa baru selesai nonton hari ini padahal ntu film udah 2 tahun lalu. Waktu itu ga bisa nonton karna fokus ujian takut khilaf dimarahin mama. Hehe. Abis ujian film nya malah kehapus (curhat). Tp berhubung teringat seorang teman ada yg pernah spoiler ttg cerita nya dg mengunggulkan sisi reporternya, saya jadi kemudian mencari film ini lagi. Dan kewreen! . Tapi menurut saya adegan kissingnya ga terlalu banyak kok. Pas lah. Dibandingkan descendant of the sun yg banyak bgt adegan kissingnya

    ReplyDelete
  26. Hwaaaaa ga rela hrs nunggu entah sampai kapan nontn drama jongsukie lagi.. Keren endingnya baper jadi baper.. :D

    ReplyDelete
  27. Begitulah drama korea, bawaaannya bikin baper sumpaaaaah :'(
    sayang sekali, masuk ke Indonesia pasti sudah banyak yang di cut dan di sensor. OMG, no what what lah, disini juga sudah dapet videonya kan :) Thanks admini ...salam

    ReplyDelete

It was glad that you here. Thankyou! :)