Sunday, March 15, 2015

Donat Kentang

Jadi, saya sudah pernah coba buat donat kentang beberapa kali, tapi selalu gagal. hehehe
Pernah terlalu banyak air, pernah juga adonannya gak bisa kalis. Mungkin karena terlalu banyak air itu yah. Yang paling sering sih, Rasa donatnya kurang manis di lidah saya. Ah.. pokoknya, saya pikir percobaan bikin donat saya belum pernah sukses deh!

Sampai akhirnya kemarin saya main ke blognya Mbak Ely, dan menemukan resep donat kentang yang beda dari sebelumnya. Jadi, saya coba ˆ⌣ˆ

Sepertinya kali ini resepnya OKE! manisnya pas dilidah saya, dan untuk pertamakalinya donat yang saya buat bisa berbentuk bulat meskipun belum sempurna. hahaha

Secara percobaan sebelumnya, donatnya gak bisa dibentuk bulat :p *sedih ya?*
Ohya.. dari resep yang saya contek diblognya mbak ely, ada bahan yang gak saya pakai, plus saya buat adonan setengahnya :)


Bahan :

250gr tepung terigu protein tinggi
11 gr ragi 
50 gr mentega
75 gr kentang, kukus dan haluskan
1/2 sdt vanili
40 gr gula pasir
1 telur
75ml susu cair
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat : 
  • Tuang susu cair kedalam panci kecil, masukkan mentega dan vanili lalu panaskan diatas api sampai mentega mencair. Tapi, jangan sampai mendidih ya.
  • Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, ragi, dan gula pasir. Aduk rata.
  • Masukkan kentang dan telur kedalam wadah, aduk rata
  • Tuang campuran susu dan mentega yang sudah dipanaskan tadi. Aduk perlahan dengan tangan hingga tercampur rata dan tidak lengket.
  • Diamkan adonan selama satu jam hingga mengembang
  • Uleni sekali lagi supaya udara didalam adonan habis
  • Bagi adonan, bentuk menjadi bola bola kecil
  • Tusuk bagian tengah adonan dengan jari telunjuk dan bentuk cincin
  • Biarkan selama lima belas menit, lalu goreng

Navaro suka sekali donatnya.
Akhirnya.. Meskipun belum sempurna, tapi saya bisa bikin donat! YEAY!!

34 comments:

  1. Aku suka banget donat kentang Mak... teksturnya lembut dan nyes di lidah... kalau ada waktu aku sering bikin donat kentang.. murah meriah dan bisa dapet banyak kalo bikin sendiri ...beda kalo beli donat yg sering di mall dapetnya cuma sedikit, padahal rasanya mah beda2 tipis...hehe...cuma perlu kreatifitas saja agar donat kentang yg kita bikin tampilannya gak kalah sama donat yg di mall2 itu... nice post... wehhh...jadi laper nih pagi2 baca postingan ttg makanan..mana di luar hujan deras lagi...dingin...dan laper...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya betul mak.. yang penting banyak praktek ya supaya bentuknya bisa bulat rapi kaya donat di mall mall itu :D

      Delete
  2. Saya suka donat dan saya lebih suka lagi dengan kentang. Tapi... belum pernah nyoba gabungan keduanya (Donat Kentang).

    ReplyDelete
  3. Mbak Lia kl di Bandung kan lagi happening donat madu.. Ayo jajal mbak resepnya..kl sukses kirim sinih *eh* :))

    ReplyDelete
  4. Kok aku gagal ya bikin donat kentang? Kenapa ya? Dia gak biaa dibentuk gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang diuleni mungkin mba ade. akupun kemarin begitu.. pas diuleni lagi sampai kalis, baru deh dia bisa ngebentuk

      Delete
  5. bikin lagi nanti sempurna kok. Navaro minta dong donatnya:)

    ReplyDelete
  6. Wuiiiih...mau coba juga ah kapan-kapan. Belum pernah bikin donat kentang :D

    ReplyDelete
  7. Pasti seneng bgd ya mak, eksperimen di dapur berhasil n si kecil sukak pula...
    Tfs ya mak :)

    ReplyDelete
  8. aih,seneng banget bisa praktek bikin donat kentang..aku dulu pernha sekali,empuk banget..pas bikin lagi g pakai kentang nggak empuk heheeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kentang emang bikin donat lebih enak ya mak :)

      Delete
  9. Dari bahan sayuran juga bisa di bikin makanan yang enak asal punya ide pasti semuanya bisa di manfaatkan dengan baik (y)

    ReplyDelete
  10. hihihi sama mak, suka gagal kalo bikin donat :D

    ReplyDelete
  11. wah patut dicoba nih, pake tepung segitiga biru bisa nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mbak. tapi lebih bagus lagi pakai yang cakra kembar karena itu khusus kue dan roti

      Delete
  12. Belum pernah bikin..gampilkah mak?
    Minyaknya ga meresap banget kah kalo bahannya kentang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampiill.. kalo masalah minyak kayanya sama aja mbak

      Delete
  13. gantian nyobain resepnya mak liaaa.. TFS ya maaakk...

    ReplyDelete
  14. Pernah nyoba bikin malah kelembeken mak :(

    ReplyDelete

It was glad that you here. Thankyou! :)