Tuesday, March 24, 2015

Puding Roti Susu Panggang, Camilan Enak dan Mudah

Saya itu gak pinter masak. Dulu saat masih gadis dan masih tinggal bareng mama (sampai SMA), mama tidak meminta saya untuk turun kedapur. Setiap saya kedapur untuk bantuin masak, mama selalu bilang "sudah, kamu belajar saja. Urusan dapur biar mama dan teteh (pembantu) yang urus".

Setelah kuliah dan tinggal jauh dari mamapun, saya gak punya kesempatan untuk terjun kedapur. Tinggal di sebuah kosan yang hanya ada kamar dan kamar mandi, membuat saya mengandalkan bibi penjual nasi di warung sebelah kosan saya setiap kali jam makan tiba. Kebayang kan gimana hubungan saya sama dapur? jauuh :D

Tapi, semua itu berubah setelah saya menikah dan punya anak . Sehari setelah menikah, Naluri istri saya langsung muncul. Pengen lah gitu dibilang istri berbakti. Jadi setiap pulang kerja, saya sediain makan malam untuk suami. Jangan ditanya saat itu saya masak apa. Sudah pasti gak jauh jauh dari tempe dan ikan goreng. Tapi namanya juga pengantin baru. Pasti nikmat nikmat aja yah. Yang penting makan berdua.

Saat Navaro mulai MPASI, saya ingin sekali kasih Navaro yang terbaik. Ikut milis MPASI, Baca buku tentang MPASI, googling, nanya kanan kiri yang lebih berpengalaman, pokoknya semua saya lakukan. Masa masa pemberian MPASI itu seru lho. Kita dituntut untuk kreatif, tapi sekaligus tetap memperhatikan penerimaan anak terhadap makanan barunya. Ada alergikah? sukakah dia? Bagaimana dengan pencernaanya? Pokoknya seru.

Di usianya yang sudah enam tahun dan sudah sekolah di TK B ini, Navaro sudah bisa minta mau makan apa hari ini. Kalau dulu, dia pasrah saja mamanya mau kasih makanan apa. Tapi sekarang, Setiap pagi sebelum pergi kesekolah dia selalu minta dibuatkan apa hari ini untuk camilan sorenya.

Seperti kemarin, Navaro minta dibuatkan Puding Roti. Biasanya kita makan ini saat sarapan. Tapi, Dimakan saat sore sebagai camilan plus teh hangat atau kopi juga maknyus lho. Cara buatnya gampang banget kok. Semua orang, yang gak bisa masak sekalipun pasti bisa deh buat puding roti ini :)

PUDING ROTI 

Bahan :

  • 5 lembar roti tawar, sobek-sobek
  • 125 ml susu segar 
  • 2 butir telur ayam
  • 80 gram susu kental manis 
  • 50 gram keju cheddar parut

Cara Membuat :
Langkah 1


Langkah 2

Langkah 3
Diamkan kurang lebih 2-3 menit sampai roti mengembang.

Langkah 4
Tuang ke dalam pinggan tahan panas, ratakan adonan saat masuk ke dalam pinggan dengan menggunakan sendok


Langkah 5



Nah kalau sudah matang, hasilnya seperti ini. Atasnya crunchy, dalemnya lembut :)




Navaro suka banget sama puding roti susu panggang ini. Dilihat dari bahan bahannya pun, sudah pasti sehat  dan bergizi. 

Menurut penelitian, 100 gram roti bisa memberikan lebih banyak energi, karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, dan besi dibandingkan 100 gram nasi putih. Roti adalah sumber karbohidrat yang dirubah jadi energi dengan kandungan rendah lemak. Sementara telur merupakan sumber protein, kalsium serta fosfor  yang dapat membantu memperkuat tulang dan juga menghindarkan kita dari resiko pengeroposan tulang.

Bagaimana dengan keju dan susu?
Wah kalau ini pasti sudah pada tau kan.. manfaat dalam keju dan susu itu banyak banget!
Keju mengandung berbagai vitamin dan mineral yang berfungsi untuk kesehatan gigi dan tulang. Begitupun dengan susu. Susu merupakan sumber kalsium dan protein yang kaya manfaat. 

Nah.. bagaimana.. mau mencobanya dirumah? 



Camilan enak, mudah dan bergizi .

Navaro selalu semangat makan setiap kali saya buatkan camilan puding susu roti panggang ini.



Postingan ini diikut sertakan dalam  Lomba Blog Dariperempuan dan NUK


28 comments:

  1. aih,enaknyaa..kebayang makannya pas anget2^^

    ReplyDelete
  2. akuu bagii donk puding rotinyaa...*gak mau bikin* hihihi

    ReplyDelete
  3. lezat ya Navaro puding roti buatan mama

    ReplyDelete
  4. Gampang banget ya bikinnya. Mau coba juga ah :-)

    ReplyDelete
  5. Wah, selama ini aku pake mentega cair. Yang ini lebih gampang resepnya. Mau coba, ah. Makasih ya, Lia :)

    ReplyDelete
  6. Gak bisa nyobain soalnya gak punya oven #hiks :'(

    ReplyDelete
  7. Aku naksir sama ovennya mbak Lia. Boleh lihat penampakannya gak?
    Soalnya aku belum punya oven, xixixii

    ReplyDelete
  8. ih ingin coba tapi gapunya oveeennnn >.<

    ReplyDelete
  9. Nice....boleh di coba nih. Tks LIa....

    ReplyDelete

It was glad that you here. Thankyou! :)