Thursday, March 19, 2015

Tentang Durian Jatohan, Manfaat dan Bahaya mengkonsumsi Durian

Adakah yang suka durian?
Atau sebaliknya.. tidak suka durian?

Saya sekeluarga suka sekali dengan durian.
Beruntungnya, saya dilahirkan di pandeglang, disebuah desa di kecamatan cadasari yang ngangenin itu. Gimana gak ngangenin.. sepanjang jalan menuju rumah saya seperti ini pemandangannya ˆ⌣ˆ


perjalanan sepanjang cadasari - pasir dangdeur

Buat saya yang sekarang tinggal di daerah industri yang dikelilingi pabrik baja seperti cilegon ini, pemandangan seperti ini berharga banget! Rasanya fresh sekali ke mata. Dan saya selalu suka dan menikmati perjalanan pulang ke rumah mama. ˆ⌣ˆ

Ngomongin tentang durian, berarti ngomongin sedikit masa lalu saya.
Mamah sama bapak saya kebetulan punya kebun dan dikebunnya ada pohon duriannya. Jadi kalau sedang musim durian begini, biasanya dirumah banyak sekali durian. Meskipun beberapa tahun terakhir ini, kualitas durian dari kebun tidak sebagus tahun tahun sebelumnya *sigh*

Tapi tetep.. masih ada sepuluh sampai lima belas biji yang kualitasnya bagus setiap dapat kiriman dari kebun. Alhamdulillah yah ˆ⌣ˆ

Ohya.. kemarin si mamah cerita.. katanya, dapat tiga kali kiriman dari kebun dalam seminggu. Jadi kalau di rata rata, ada empat puluh lima-an durian yang bagus dan manis. *sigh. rasanya pengen terbang kerumah mama!*

Waktu dua minggu lalu saya pulang, masih belum banyak durian yang bagus. Ehhh pas saya pulang, durian bagus berdatangan. Memang belum rejeki saya berarti yah -.-

Durian dari kebun

Dulu saat saya masih SD, Orang tua saya belum punya kebun yang ada pohon duriannya. Tapi, teman saya rata rata punya! Nah karena itu, kadang saya suka nebeng minta ke teman yang orang tuanya punya pohon durian :D

Tau gak kalau durian jatohan itu rasanya lebih enak? orang kampung saya menyebutnya *GEBLUGAN*. Artinya, durian yang jatuh sendiri karena memang sudah matang.

Dulu, orang orang dikampung saya, suka sengaja tidur di kebun kalau pas musim durian seperti ini.
Kenapa? karena buah durian suka jatuh pas malam hari. Kalau gak ditungguin, bisa diambil orang lain! sayang kan :D

Nah.. karena kebiasaan orang sana yang suka tidur dikebun menunggui durian jatoh, meskipun saat itu mamah sama bapak saya belum punya pohon durian sendiri, tapi saya tetep dong mau ngerasain.

Waktu itu sepertinya belum ada listrik dikampung saya. Gelap gulita. Dirumah saja gelap, apalagi dikebun kan? Iiihh kalau sekarang membayangkannya saja sudah bikin merinding!

Tapi anehnya, dulu saya berani!
Jam dua belas malam, sengaja ke kebun (lebih tepatnya hutan) sekedar untuk menunggu durian jatuh. Dibawah pohon durian biasanya sudah dibuat saung saung kecil, khusus untuk menunggu. Dan karena kadang pohonnya berdempetan dengan milik orang lain, jadi saungnya juga banyak! Masing masing pohon ada yang menunggui. Menungguinya sambil bakar ubi, jagung, main kartu, dan dengerin radio! maklum, dulu kan belum ada Smartphone seperti sekarang ini yah. HP biasa saja belum ada -.-

Saat ada durian yang jatuh, biasanya langsung dimakan ditempat! Rasanya, wah.. luar biasa enak ˆ⌣ˆ

Kalau dulu harus menunggu musim durian untuk merasakan durian yang enak, sekarang tidak lagi. Di daerah pandeglang sini, sudah banyak tempat yang menjual durian jatohan yang duriannya ada sepanjang tahun. Jangan tanya saya kok bisa ada sepanjang tahun, karena saya juga gak tau kok bisa :D

Kalau lihat reportasenya disalah satu TV swasta dulu, Pelopor durian jatohan ini, bisa menyediakan durian sepanjang tahun karena melakukan pencangkokan bibit, yang saya juga gak ngerti caranya gimana dan menyebabkan durian itu berbuah terus.

Durian Jatohan Haji Arif, adalah pelopor durian jatohan di Banten.
Tempat ini ramai terus sepanjang tahun, dan pengunjungnya kebanyakan dari luar kota. Hehe

Rata rata orang sini punya pohon durian sendiri, jadinya ya memang dirasa sayang kalau beli :D *inimah gue aja yang pelit. atau irit? :D*

Kalau pas mau makan durian saat bukan musimnya, kadang saya dan keluarga datang ke Durian Haji Arif ini.


Lokasinya ada di Jl. Raya Serang - Pandeglang KM. 14 Baros. Kalau dari arah Jakarta, Keluar tol serang timur lalu ambil arah ke Pandeglang.

Ngomongin soal durian, saya jadi penasaran apa Manfaat dan Bahayanya buah durian. Setelah googling, saya baru tau kalau durian itu manfaatnya lumayan banyak yah. Meskipun tetap ada bahayanya.

Manfaat Buah Durian bagi kesehatan Tubuh

  1. Durian baik untuk pencernaan, dan dapat mengatasi sembelit. Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah durian menjadi alasan buah ini penting dimakan oleh yang menderita masalah pencernaan.
  2. Mengatasi penyakit anemia. Kandungan asam folat dan vitamin B9 dalam buah durian menjadikan buah berdaging bau enak ini bagus untuk menjadi produsen sel darah merah, sehingga kekurangan darah bisa di atasi.
  3. Bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam buah durian menjadikan buah berkulit duri ini bagus dalam mencegah terjadinya penuaan dan kerutan pada kulit. Vitamin dalam durian berperan sebagai anti oksidan yang bagus menjaga kerusakan sel kulit.
  4. Durian bermanfaat untuk tulang dan persendian. Kandungan potasium dan kalsium dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kesehatan persendian seperti lutut, ruas jari dll.
  5. Buah durian dapat mengstabilkan darah, ini dkikarenakan dalam buah ini mengandung mangan. Kendati demikian, tetap tidak bagus kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
  6. Kandungan tembaga dalam buah durian bagus dalam menjaga kesehatan tiroid.
  7. Karena banyak kandungan vitamin B1, maka buah durian bermanfaat juga untuk menjaga nafsu makan
  8. Kandungan senyawa iboflavin atau Vitamin B2 dalam durian membuat buah enak ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya migrain.
  9. Buah durian juga bermanfaat untuk meredakan stres dan mengatasi depresi, ini tidak lain karena dalam buah durian mengandung vitamin B6 atau piridoksin
  10. Posfor dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut

Bahaya mengkonsumsi Buah Durian

  1. Buah durian bisa meningkatkan gula darah bahkan hingga diabetes, kalau dikonsumsi dalam jumlah banyak dan terlalu sering maka kandungan glukosa yang tinggi dalam durian akan menjadi penyebab diabetes
  2. Durian juga berbahaya bagi pencernaan kalau dikonsumsi berbarengan dengan alkohol. Selain itu, kandungan alkohol dan kolesterol dalam durian bisa mebahayakan kesehatan jantung.
sumber : http://buahbuahanbermanfaat.blogspot.com/

Nah.. jadi, jangan makan durian berbarengan dengan Alkohol yah. BAHAYA dan bisa menyebabkan kematian lho karena kandungan sulfur dalam durian akan menghambat metabolisme alkohol.


Kalau nanti teman teman berkunjung ke Banten atau pas mau main ke Pantai Carita atau Anyer, cobain makan durian jatohan disini. Duriannya sudah pasti manis, kalaupun ada yang gak manis akan diganti. 

Sebagai catatan, kita harus merogoh kocek sedikit dalam memang ketika ingin menikmati durian disini. Kalau di luaran harga durian ini Rp. 50.000,-/butir, disini harga dipatok mulai dari Rp. 75.000,- sampai Rp. 150.000,- sesuai dengan ukuran buahnya. 

Nah.. mau makan durian hari ini?
Navaro sih lahap banget makannya :D 




24 comments:

  1. kalo duriannya udah dalam bentuk es krim sih mau mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah enak memang eskrim durian itu yah

      Delete
  2. Ya Allah durennya mbak...jahat men..aku ileran melihatnya...dagingnya tebel banget...aku mauuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. tebel banget emang dagingnya :D

      Delete
  3. Sebelum tahu durian itu isinya seperti apa, saya gak tertarik untuk mengkonsumsinya. Tapi sekarang setelah tahu bahwa daging durian mirip dengan daging nangka (bukan nangka hibrida), akhirnya saya jadi suka. Cuma gak begitu terlalu banyak mengkonsumsinya karena saya gak terlalu doyan makanan yang terlalu manis.

    ReplyDelete
  4. Ehh...ga benerr ini... Cuma ngasih cerita dan foto doang..durian aslinya manaaahh?*lap iler

    ReplyDelete
  5. wosh,duriannya....baru tau istilah geblukan. ternyata emang bener ya,di rumah saudaraku yang banyak pohon duren ,kalau musim duruan juga sering ronda malam,berburu durian katanya hehehe

    ReplyDelete
  6. Pengen tetanggaan ama Lia deh.. biar dapat jatah Durian jatohan juga :D

    ReplyDelete
  7. haduuh... itu durennya bikin ngiler :)

    ReplyDelete
  8. Di sini ada dijual 10ribu perbuah Mak, apalagi musim deren gini, dimana2 ada yg jual.
    Sayang sy gak suka duren, pusiang sama baunya xixixixi

    ReplyDelete
  9. Sebelum hamil anak kedua saya sanggup ngabisin sampe 4 kepala lho Mak, tapi sejak setelah melahirkan si bungsu saya jadi anti sama buah berduri ini. Nyium baunya aja langsung pusing.....

    ReplyDelete
  10. Jadi teringat serial Upin Ipin, ada desa namanya Kampong Durian Runtuh :D

    ReplyDelete
  11. Wah penampakan duriannya yang sudah dibelah itu bikin ngiler.
    Memang durian jatuhan lebih mantap.

    ReplyDelete

It was glad that you here. Thankyou! :)