Wednesday, May 27, 2015

Puding Roma

Assalamu'alaikum!

Seminggu nggak nulis rasanya lamaaa banget. Sempet stuck dan bingung mau nulis apa.. tapi akhirnya saya putusin buat nulis resep puding favorit navaro aja.

Navaro termasuk anak yang doyan banget ngemil. Tapi, ngemilnya itu ngemil berat! seperti brownies, cheescake, bolu, roti, dan semacamnya. Suka iseng sediain makanan ringan seperti biskuit gitu, tapi dicuekin tuh.. dia lebih minat makan yang mengenyangkan seperti ini.

Nah selain beli, saya juga sering bikin sendiri cemilannya. Kemarin saya bikin puding roma. Roma disini maksudnya biskuit marie roma itu loh.. yang banyak dijual di minimarket. Bukan Roma nama sebuah kota :D

Yang mau coba bikin juga, silahkan disimak resepnya yah.. ini resep yang biasa saya pakai dan enggak pakai takaran gram cuma pakai takaran gelas belimbing + feeling tentunya. Jadi silahkan sesuaikan dengan selera masing masing yah :)





Bahan :

2 bungkus agar agar
6 gelas belimbing air santan kelapa cair (bisa diganti dengan susu cair)
3/4 gelas belimbing gula putih
1 potong bulat gula merah
6 potong biskuit marie roma

Cara membuat :

- Sediakin 2 panci. Satu untuk merebuas agar, satu lagi untuk merebus gula merah.
- Potong potong gula merah, tambahkan sedikit air lalu rebus sampai gula mencair. Setelah cair, saring air dari ampas gulanya.
- Masukkan agar dan air santan kedalam panci lainnya. Tambahkan gula putih dan gula merah yang sudah dicairkan.
- Aduk rata lalu rebus sampai mendidih. Jangan lupa untuk mengaduk terus agar santan tidak pecah.
- Sediakan tempat agar agar. Susun biskuit mari didasar tempatnya.
- Tuang agar yang sudah mendidih ke tempat agar. Tunggu sampai tidak berasap lalu masukkan ke lemari pendingin.

Sekedar tips nih.. saat agar mendidih, angkat dari kompor lalu angin anginkan sampai tidak ada asap lagi. Setelah itu baru tuang ke tempatnya. Jangan lupa untuk membasahi tempatnya dulu dengan air yah supaya tidak lengket :)

Gimana.. mau coba?

34 comments:

  1. Eyampuun...
    Bahan apa ituh, kayaknya aku baru denger belimbing air santan tuh Liaaa...
    Biasanya kalo santan kan dari kelapa yaaah :))

    Baiklaaah, nanti aku bakal aku suruh si Abah bikinin resep ini...bhuahaha...
    *istri tiri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiyah teteh. itu maksudnya gelas belimbing teh. gelas yang jadul itu loh..

      Delete
    2. Hihihi..Ih c Teh Erry ngisinkeun... xD
      Harus udah pake kacamata tah..Faktor U :D

      Btw Lia..dirimu jago ih bikin makanan dari bahan yang ngga terlalu susah... Contek yaaa ^^

      Delete
    3. Hahaha... tadi aku juga bertanya-tanya gelas belimbing air santan apaan sih =))

      Delete
    4. ini kayanya banyak yang bingung yah. apa aku nulisnya nggak bener gitu? maksudnya gelas belimbing itu gelas yang sangat biasa itu lho mbak una. hihi jadi santannya 6 gelas itu.

      Delete
  2. Jadi biskuitnya bisa diganti dengan biskuit lain kan?
    Main ke rumah tante dong Navaro..tar dbuatin ini deh^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisaa mbak :D
      ih rumah tante jauh siiihh

      Delete
  3. Ihhh..tambahan rotinya bikin maknyuusss ah.

    ReplyDelete
  4. Tiap kali baca postingan resep Lia bawaannya jadi pengin praktik ^^
    Kayaknya aku pake susu aja, deh. Makasih, ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan maakk. pakai susu juga enyaak ^^

      Delete
  5. Tapi bukan roma penyanyi itu kan hehehe
    Bisa ganti biakuit lain gak mak? Disini gak ada biskuit roma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukaaaan hehehe
      bisa mak. biskuit apapun bisa kok.. sesuaikan selera aja ^^

      Delete
  6. aaakk..tidak..puding romanya menggoda mbak..jadi pengen bikin nih mumpung ada stok puding banyak :)

    ReplyDelete
  7. bisa nih jadi bahan untuk buka puasa pas ramadhan nanti.

    ReplyDelete
  8. kebayang nyesss kalo baru dikeluarin dari kulkas,boleh juga nih resepnya^^

    ReplyDelete
  9. Wah... pudingnya kayanya enak. Boleh juga nih di terapin sama anak kost seperti saya. Apalagi udah ada resepnya juga. Ijin di sedot ya resepnya.

    ReplyDelete
  10. Kayaknya enak ya mbak.... aku suka bgt puding... sering nyoba2 resep baru...tfs ya mbak :)

    ReplyDelete
  11. Mudah ya ternyata. Cemilan sehat nih, daripada jajan aneh-aneh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa mbak. mudah dan sehat ini.. apalagi kalau pakai susu yah. ini saya pakai santan :)

      Delete
  12. Bahannya mudah didapat,tinggal nyoba praktekin tipsnya,hehe terimakasih tipsnya :))

    ReplyDelete
  13. Marie Roma itu timeless, tetep disuka heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya maak... dari dulu sampai sekarang ada terus yah :)

      Delete
  14. Rapiiii...itu biskuitnya nggak ikutan meleleh ya biasanya biskuit campur air jadi empuk...
    coba ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga empuk tapi gak ancur mbaak.. jadi pas dimasukin diemin aja nanti dia mengeras sendiri sama agarnya

      Delete
  15. camilan ringan tp mengenyangkan krn pake biskuit :D

    ReplyDelete
  16. enyak enyakkk....anakku suka nih mak...ada marie nya....

    ReplyDelete

It was glad that you here. Thankyou! :)