Thursday, July 9, 2015

Masjid Agung Cilegon

Assalamu'alaikum..

Kali ini saya mau cerita tentang kota kecil tempat saya tinggal 12 tahun terakhir ini..

Cilegon, kota kecil di ujung barat laut pulau jawa dikenal dengan kota baja. Hal ini di karenakan cilegon adalah penghasil baja terbesar di Asia tenggara. Selain itu, Cilegon juga dikenal sebagai kota Industri karena banyak sekali pabrik di kota ini. Mulai dari Krakatau Steel, PLTU Suralaya, PLTGU Cilegon, PLTU Krakatau Daya Listrik, sampai Kawasan Industri Berikat Selat Sunda. Pelabuhan Merak yang menjadi salah satu objek vital negara juga berada tidak jauh dari kota Cilegon, hanya sekitar 30 menit saja.

Bisa di bayangkan.. dengan banyaknya industri seperti itu, Cilegon panasnya seperti apa?
Jangan di tanya.. kalau keluar rumah, rasanya seperti terbakar!

Cilegon itu kota yang sangat kecil. Dari ujung ke ujung bisa kita lewati kurang dari sehari. Sayangnya, kota ini nggak punya Alun Alun. Jadi nggak ada ruang terbuka yang bisa dipakai untuk berkumpul dan bersantai bersama teman dan keluarga.

Satu hal yang menarik saat memasuki kota cilegon adalah adanya Masjid Agung Cilegon yang bernama Masjid Nurul Ikhlas tepat di pusat kota Cilegon. Masjid ini di renovasi total tahun 2008 lalu dan menghabiskan biaya sekitar 23 milyar. Designnya sebelum renovasi jauh berbeda dengan design yang sekarang. Waktu pertamakali saya kesini, masjid ini masih merupakan bangunan lama. Sekarang sudah berubah menjadi masjid mewah berlantai 3 dengan design menyerupai masjid masjid di Timur Tengah.

Sumber foto DARI SINI
Sumber Foto DARI SINI

Di kawasan industri seperti cilegon ini, empat menara di tengah tengah kota seakan menjadi oase bagi warga cilegon. Dulu, menara masjid tidak setinggi ini. Tapi setelah dilakukan dua kali perombakan, jadilah empat pilar menjulang tinggi yang selalu menarik perhatian orang orang yang melewatinya.

Sumber Foto DARI SINI

Sumber Foto DARI SINI 

Saya sendiri, meskipun sudah 12 tahun tinggal di cilegon tapi belum terlalu sering melakukan sholat di masjid ini. Alasannya karena Setiap melewati masjid ini, belum waktunya sholat. Jadi seringnya ya lewat saja. hehehe

Dulu saat kuliah, sempat beberapa kali sholat tarawih disini. Setelah itu baru beberapa kali kesana untuk melakukan sholat apabila pas tiba waktu sholat dan saya sedang ada di area sekitar masjid.

Karenanya, sampai sekarang saya belum sempat mengabadikan interior design masjidnya. Foto foto diatas saya pinjam dari blog orang lain. hehehe

Tapi saya nemu satu video liputan masjid agung cilegon ini yang dilakukan oleh Net TV. Silahkan teman teman lihat kalau penasaran dengan dalamnya seperti apa.


Saya sendiri baru bisa mengabadikan fotonya melalui HP dan diambil dari dalam mobil. hehehe *maapkan*

mesjid agung




Yang pasti, Masjid ini menjadi Land Mark kota Cilegon dan jadi salah satu kebanggaan warganya. Teman teman yang kebetulan mengunjungi cilegon, jangan lupa mampir dan sholat di Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon, ya! :) 



11 comments:

  1. Menaranya tinggi banget ya mbak, dari jauh aja udah keliatan

    ReplyDelete
  2. Menaranya kayak gereja di Eropa malahan ya? Unik nih, wisata mesjid dari kota ke kota.

    ReplyDelete
  3. Menaranya tinggi banget mak, dalemnya juga bagus ya...

    ReplyDelete
  4. ooh ni landmarknya CIlegon ya

    ReplyDelete
  5. wah cilegon ???? pengen ke sana , tapi gak ada money money...wkwkwk

    ReplyDelete
  6. aku prewednya dulu disituuu liiiiaaa....hihi

    ReplyDelete
  7. diliat dr jauh aja udah keren gt

    ReplyDelete

It was glad that you here. Thankyou! :)