Wednesday, March 13, 2019

Mengenal Macam-Macam Tinta Sablon Untuk Kaos Polos

Pertanyaan seperti “Sablon apa yang bagus ya?”, kerap kali ditanyakan orang yang baru berkecimpung dalam dunia usaha sablon kaos. Pertanyaan seperti ini sebenarnya mengarah kepada jenis tinta yang mesti dipakai untuk kaos yang akan disablon. Dari sekian banyak jenis sablonan yang sering di dengar, pada dasarnya tinta sablon terdiri dari tinta dengan dua basis berbeda yaitu tinta berbasis air (waterbase) dan tinta berbasis minyak (solvenbase), biasanya disebut juga dengan plastisol di Indonesia.

Untuk yang belum mengetahui apa saja sih jenis tinta sablon untuk kaos polos? berikut adalah macam - macamnya :



Tinta Berbasis Air (Waterbase)
  • Rubber

Bersifat pekat dan dapat menutup permukaan kain dengan baik. Biasanya digunakan pada kain berwarna gelap. Biasanya tinta rubber digunakan untuk warna dasar yakni untuk menutupi warna kain sebelum mewarnainya lagi dengan warna yang diinginkan untuk kaos polos, disebut rubber white. Namun ada juga tinta rubber color yang digunakan sebagai bahan pewarna akhir.

  • Coating

Biasanya digunakan untuk melapisi hasil sablon kaos polos agar lebih mengkilap dan cemerlang. Bentuknya mirip tinta extender yang transparan namun lebih kuat. Sebaiknya, tinta coating digunakan untuk teknik sablon pemisahan empat warna dan sebelumnya kaos dilapisi dulu dengan rubber white.

  • Extender

Sifat tinta satu ini menyerap dan menyatu dengan bahan. Catnya sendiri tidak memiliki warna (transparan) serta cocok digunakan di atas bahan kaos dengan warna terang atau permukaan yang warnanya putih.

  • Super White

Sempat trend beberapa tahun lalu di kalangan distro, tinta ini mirip rubber karena memiliki jenis white dan color. Namun sifatnya mirip dengan tinta extender karena menyatu dengan bahan dan bening. Tinta super white juga bisa digunakan pada permukaan berwarna gelap.

  • Puff

Disebut juga tinta timbul, tinta ini bisa digunakan untuk pewarna dasar (underbase). Untuk menggunakannya, tinta puff perlu dipanaskan agar mengembang dan memberikan efek timbul, sesuai
namanya.

Tinta Berbasis Minyak (Solvenbase)

  • All Purpose

Tinta ini tampak transparan dan bisa menyerap ke dalam bahan. Tinta all purpose banyak digunakan pada kain kaos polos dengan warna permukaan yang terang atau warna putih.

  • High Opacity

Biasanya tinta ini digunakan untuk sablon teknik high density. Sifatnya mirip dengan tinta rubber dari jenis waterbase yang bisa menutup permukaan kain, namun tinta high opacity memiliki daya tutup yang jauh lebih pekat.

  • Athletic Plastisol

Sifat tinta athletic plastisol sangat elastis. Sifat lentur ini sangat sesuai untuk dipadukan dengan sablon di atas permukaan kain spandex, polymesh, atau kain yang punya motif lubang-lubang.

  • Cork Base

Tinta ini biasanya digunakan dengan teknik high density untuk menghasilkan efek seperti busa. Kelenturan tinta cork base sangat tinggi, sehingga baik digunakan untuk sablon pada bahan spandex maupun rib.

  • Shimmer Gold & Base

Bila ingin menghasilkan warna metalik pada kaos polos, tinta jenis ini adalah pilihannya. Bentuknya pasta dan baik digunakan untuk transfer panas. Tinta ini cocok digunakan untuk bahan kaos jenis katun dan polyester.

  • High Density Clear

Tinta jenis high density clear tidak memiliki warna alias bening. Bila digunakan untuk menyablon kaos, tampilan efeknya adalah mengkilap dan membuat desain yang diwarnai tampak seperti basah.

  • Wiflex Luna Clear

Tinta ini juga bersifat transparan. Namun yang unik, keberadaannya tidak akan bisa dilihat dengan sinar lampu biasa. Tintanya bisa dilihat di bawah sinar ultraviolet.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis tinta yang bisa dipakai untuk menyablon kaos polos. Namun, tinta-tinta di atas adalah yang paling sering digunakan. Semoga bermanfaat.

xo-xo
post signature

No comments:

Post a Comment

It was glad that you here. Thankyou! :)